Cara Membuat Tanaman Cepat Berbuah

Sebagaimana tumbuhan lain, tanaman buah-buahan di negara tropis sangat beraneka ragam, baik jenis maupun varietasnya. Di Indonesia terdapat berbgai macam dan jenis tanaman.
Sejak zaman nenek moyang buah-buahan sangat dibutuhkan dan digemari karena rasanya yang enak dan kaya akan manfaat bagi tubuh sangat banyak.
Karena banyak mengandung vitamin, buah-buahan sangat penting bagi kita. Oleh karena itu buah-buahan harus berada di sekitar kita.
Agar kebutuhan akan buah-buahan terpenuhi, kita harus mengupayakan tanaman buah-buahan agar cepat berbuah. Berikut akan di ulas bagaimana agar membuat tanaman agar cepat berbuah:
  1. Syarat tanaman cepat berbuah
    1. Bibit tanaman bukan dari bibit keturunan tanaman mandul
    2. Lingkungan tempat tumbuh tanaman harus memenuhi syarat, baik iklim, curah hujan maupun sinar matahari
    3. Tanaman harus sehat dan bebas dari serangan hama atau penyakit
  2. Kegagalan Tanaman untuk berbuah
    Apabila tanaman kita belum juga berbuah padahal sudah seharusnya berbuah, ada beberapa penyebab keterlambatan berbuah atau gagal tersebut:
    1. Tanaman memang belum mencapai batas umur
    2. Pemupukan dengan pupuk N (nitrogen) berlebihan, sehingga tanaman terlalu rimbun. Tajuk tanaman kurang mendapat cahaya matahari sehingga fotosintesis terhambat
    3. Tanaman merupakan jenis pohon yang bunganya hanya dapat menjadi buah apabila ada pohon berbunga jantan yang tumbuh di dekatnya
    4. Tanaman menjadi mandul karena terjadinya mutasi gen (perpindahan keturunan) 
    5. Masaknya bunga jantan dan bunga betina tidak bersamaan waktunya. Akibatnya sebelum terjadi pembuahan salah satu bunga telah gugur, misalnya pohon kelapa
    6. Apabila tanaman buah-buahan kita telah berbunga lebat, tetapi tidak muncul buah, hal ini disebabkan oleh :
      1. kurangnya nitrogen dalam air
      2. kurangnya air dalam tanah
      3. batang bawah bibit okulasi kurang baik
      4. adanya serangga hama dan penyakit
      5. hujan terlalu deras, angin terlalu kencang dan kemarau berlangsung panjang
      6. penyemprotan pupuk daun tidak tepat waktu.
  3. Cara Penanggulanagan
    Apabila tanaman buah mengalami keterlambatan berbuah, kita dapat melakukan sesuatu agar segera muncul. Tanaman yang tidak sesuai dengan lingkungan sebaiknya kita ganti dengan tanaman lain yang cocok dengan keadaan lingkungan kita.
    Tanaman yang tumbuh terlalu subur, berdaun lebat, dan rimbun segera di pangkas. Kulit batang dikelupas 1 cm melingkar. Sebagian akar pada ujung akar juga di pangkas dengan hati-hati. 
Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mempercepat tanaman berbuah.

  1. Pemangkasan
    Ada tiga macam pemangkasan, yaitu pemangkasan ringan, sedang, dan berat.
    Pemangkasan ringan adalah pemangkasan yang dilakukan dengan tujuan untuk membuang ranting yang tidak produktif. Pemangkasan seperti ini dilakukan pada pohon pepaya.
    Pemangkasan sedang biasanya dilakukan pada tanaman anggur, apel, jeruk. Cabang-cabang yang rusak dan ujung-ujung  cabang dipangkas sehingga tanaman cepat berbuah. Pemangkasan berat dilakukan dengan tujuan untuk meremajakan tanaman yang sudah tua, sehingga buahnya bisa menjadi lebat lagi. Selain itu, pemangkasan berat dilakukan untuk meperpendek  tanaman buah-buahan sehingga kita lebih mudah memanennya, misalnya pohon jambu biji,belimbing, dan nangka.
    Dalam kegiatan pemangkasan ini dibutuhkan alat pemangkas gunting pangkas  dan gergaji. Kita juga membutuhkan cat, ter, atau parafin.
    Untuk melakukan pemangkasan harus memperhatikan kondisi lingkungan tanaman.
    Ranting-ranting pohon cukup di pangkas dengan gunting pemangkas tanaman. Batang atau dahan di potong dengan gergaji. Pemotongan dilakukan miring ke dalam maksudnya adalah agar apabila terkena hujan, air tidak akan membasahi luka bekas pemotongan, yang akan menyebabkan terjadinya infeksi. Kemudian luka bekas pemotongan dipoles dengan cat atau ter atau parafin sehingga terhindar dari infeksi hama dan penyakit. Pemangkasan dilakukan secara teratur untuk mendapatkan buah sesuai yang diharapkan dilakukan pada tanaman anggur, apel, jeruk, dan alpukat juga buah-buahan lainnya.
  2. Penelitian
    Penelitian juga disebut pencicncinan atau pengikatan. Melilit pohon merupakan suatu cara tradisional yang sudah dilakukan sejak jaman nenek moyang kita. Tujuan penelitian adalah untuk mempercepat proses pembuahan.
    Dengan meneliti batang tanaman, pengangkutan karbohidrat hasil fotosintesis ke bagian akar menjadi terhambat sehingga akhirnya terjadilah timbunan-timbunan zat makanan yang kemudian akan merangsang timbulnya pembungaan dan pembuahan.
    Adalah benar di kampung-kampung banyak tanaman buah-buahan yang batangnya diikat dengan kawat sebagai kencang, misalnya tanaman nangka, sirsak dan mangga.
    Bagian yang dililit adalah batang utama atau batang primer dan cabang.

  3. Melukai Batang dan Akar
    Melukai merupakan cara yang sudah lama dilakukan, tetapi harus dilakukan dengan hati-hati karena salah melukai akan menjadikan tanaman mati. Untuk itu, apabila cara lain masih dapat di tempuh, jangan dulu menggunakan cara melukai tanaman.
    Tujuan melukai adalah untuk mempercepat pembuahan. Dengan dilukai, pengangkutan zat-zat makanan, terutama pengangkutan hasil fotosintesis, ke bagian akar akan terganggu. Akibatnya terjadi pemusatan zat-zat makanan ke cabang-cabang dan dedaunan yang diikuti dengan proses pembungaan dan akhirnya pembuahan.
    Alat dan bahanyang digunakan adalah:
    1. Pisau atau parang atau sabit yang tajam
    2. Parafin atau cat atau ter
      Cara melukai tanaman
      1. Goreslah bagian kulit batang (seperti mencangkok) sampai kambiumnya hilang dengan lebar luka kira-kira 10-20 cm kelililng batang tanaman.
      2. Cacahlah kulit batang secara tidak beraturan
      3. Oleskan parafin atau cat atau ter pada bekas luka untuk menghindari terjadinya infeksi.
      4. Pengerokan pada tanaman klengkeng dilakukan dengan mengerok kulit batangnya sehingga pengangkutan zat tepung terganggu dan terjadi penimbunan zat tepung di bagian atas tanaman yang akhirnya digunakan untuk mempercepat pembentukan buah.
      5. Sekitar 4-5 bulan setelah pengerokan, klengkeng biasanya sudah berbuah.
        Melukai bagianakar atau umbi jarang dilakukan karena terlalu berbahaya bagi tanaman tersebut.
  4. Pemotesan Ujung Tunas Cabang
    Sebenarnya caranya sama dengan pemangkasan, tetapi dilakukan hanya pada bagian ujung-ujung tunasnya saja.
    Pemotesan ini dilakukan sehingga pertumbuhan memanjang dari cabang-cabang dapat di hambat. Dengan demikian, zat makanan yang digunakan untuk membentuk tunas cabang dapat di timbun untuk membentuk daun.
    Biasanya Pemotesan dilakukan pada tanaman buah jambu biji, jambu monyet, alpukat, dan kedondong. Alat yang digunakan adalah gunting pangkas.
  5. Pemupukan
    Rangsangan agar tanaman lebih cepat berbuah sekarang ini dilakukan dengan memberikan pupuk daun. Pupuk daun ini diberikan melalui penyemprotan pada daun. Pupuk akan diserap oleh mulut daun (stomata) yang ada pada permukaan daun.
  6. Pengairan
    Air merupakan kebutuhan pokok bagi tanaman. Air memiliki beberapa manfaat, antara lain:
    1. sebagai pelarut zat-zat yang diserap untuk memudahkan pengangkutan
    2. untuk mempertahankan tekanan permukaan pada pengangkutan dan pertumbuhan tanaman
    3. sebagai zat makanan untuk pertumbuhan tanaman.
  7. Pemberian Hormon
    Gambar  Auksin ZPT Hormon Tanaman
    Membuat tanaman agar cepat berbuah juga dilakukan dengan cara memberikan sarana penunjang pertanian yang berupa zat perangsang pertumbuhan atau hormon. Zat ini juga disebut zat pemacu pertumbuhan, zat pengatur tumbuh, perangsang tanaman, stimulan, dan hormon tumbuh.
    Hormon tidak sama dengan pupuk. Hormon diberikan dengan cara disemprotkan pada tanaman, dibasahkan pada akar tanaman, atau dengan cara menyuntikannya pada batang tanaman.
    Selain untuk mempercepat tanaman berbunga dan berbuah, hormon ini juga berfungsi meningkatkan ukuran buah.


18 Responses to "Cara Membuat Tanaman Cepat Berbuah"

  1. Makasih mas Ujang dan mas sandy , atas kunjungannya

    BalasHapus
  2. Buah buahan di kebunku sering kena hama, kang .. jd waktu buahnya msh kecil hrs segera dibungkus agar tidak terkena hama seperti tawon kecil...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya dibungkus dengan plastik juga bisa ga biar tlaten hasilnya memuaskan tanpa obat malah bagus

      Hapus
  3. Info nya bagus MAs, sy sdg coba utk kelengkeng Dan alpukat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Norman Silahkan di coba saja! dan Selamat mencoba ya

      Hapus
  4. info yang menarik. Untuk anda yang sedang mencoba menanam hidroponik sederhana dalam skala kecil/sekedar hobi, silahkan kunjungi www.lintangsore.com. terima kasih.

    BalasHapus
  5. Saya punya pohin alpukat yg umurnya sudah hampir 4 tahun, tetapi sampai srkatang belum pernah berbuah,pohinnya tumbuh subur mohon bsntuan bagaimana caranya agar cepat berbunga dan jadi buah. Terima kasih

    BalasHapus
  6. Saya punya pohin alpukat yg umurnya sudah hampir 4 tahun, tetapi sampai srkatang belum pernah berbuah,pohinnya tumbuh subur mohon bsntuan bagaimana caranya agar cepat berbunga dan jadi buah. Terima kasih

    BalasHapus
  7. Makasih atas infonya sangat membantu
    Kunjungi juga www.smartkios.com

    BalasHapus
  8. Trims infonya, akan saya coba untuk tanaman senhon solomon jaguar

    BalasHapus
  9. Trims infonya, akan saya coba untuk tanaman senhon solomon jaguar

    BalasHapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Obat Sipilis Obat Raja Singa Obat Kencing Nanah Obat Gonore Obat Herpes Obat Kutil Kelamin Obat Jengger Ayam Obat Kondiloma Akuminata Obat ketuat kemaluan Obat panu Kadas kudis Obat Gatal dan Eksim Obat Kewanitaan Obat Keputihan Obat Perapet Vagina obat Wasir obat Ambeien obat Ambejoss Obat Kanker Herbal obat kutil kelamin Ciri gejala Sipilis Obat Sipilis Obat Sipilis Herbal Obat sipilis cepat instan cara pesan Obat denature Obat penyakit kelamin nama Obat Sipilis Obat Sipilis gang jie dan gho siah Obat Sipilis tradisional alami Obat Sipilis ampuh dan mujarab cara mengobati kutil kelamin Obat Sipilis raja singa cara mengobati sipilis secara tradisional alami Obat kelamin keluar nanah cara mengobati penyakit sipilis cara mengatasi penyakit sipilis cara mengatasi penyakit sipilis cara menghilangkan penyakit sipilis Obat kencing nanah nama obat penyakit sipilis nama Obat Sipilis di apotik Penyakit kelamin penjelasan dan cara pengobatanya Cara mengobati kutil kelamin Cara menghilangkan kutil di kelamin benjolan gatal keras di kelamin tanda gejala dan ciri sipilis Obat Sipilis di apotik de nature pengertian sifilis dan cara pengobatannya Obat Kencing Nanah Obat Kutil Kelamin cara mengatasi kutil kelamin pada wanita cara mengatasi kutil kelamin pada pria de nature ciri gejala sipilis pada pria-dan wanita Pengertian herpes dan cara pengobatannya Tongkat Vagina Seper Cara menghilangkan keputihan cara mengatasi gatal dan bau di vagina Obat Wasir ambejoss salep salwa salep wasir obat Wasir obat ambeien Wasir ambeien wasir Exsternal obat wasir luar wasir Internal obat wasir dalam wasir atau ambeien obat wasir di apotik obat Wasir ambeien obat wasir tanpa operasi Obat Kanker Obat Kanker Herbal Obat Kanker Payudara Obat Kanker Serviks Obat Kanker tumor Obat Alternatif Kanker Cara Mengobati Penyakit Kanker obat kutil kelamin tumbuh kutil pada kelamin kutil di kelamin penyakit kutil kelamin obat kutil kelamin kutil kelamin pada pria kutil kelamin pada wanita Gejala kutil kelamin penyebab kutil kelamin ciri kutil kelamin gambar kutil kelamin cara mengobati kutil di kelamin cara menyembuhkan kutil di kelamin cara mengatasi kutil di kelamin cara merontokan kutil di kelamin obat anjuran dokter Harga obat sipilis obat sipilis herbal Obat Penyakit Sipilis obat sipilis di apotik Obat Sipilis Obat Penyakit Sipilis Obat Sipilis Mujarab Obat Sipilis Manjur Obat Sipilis Ampuh obat sipilis alami obat sipilis Tradisional Cara Mengobati Penyakit Sipilis secara Alami Cara Mengatasi Penyakit Sipilis dengan obat tradisional Cara Mengobati Penyakit Sipilis secara tradisional alami Cara Menyembuhkan Penyakit Sipilis obat sipilis tradisional Cara Mengobati Sipilis secara tradisional Cara Menyembuhkan Sipilis secara alami tumbuh kutil pada kelamin kutil kelamin kutil pada kelamin penyakit kutil kelamin obat kutil kelamin kutil kelamin pada pria kutil kelamin pada wanita Gejala kutil kelamin penyebab kutil kelamin ciri kutil kelamin gambar kutil kelamin cara mengobati kutil di kelamin cara menyebuhkan kutil di kelamin cara merontokan kutil di kelamin Ambejoss dan Salep Salwa penyakit wasir obat wasir di apotik wasir sembuh tanpa operasi pengobatan pasca operasi ambeien obatwasir.com obat Wasir Ampuh obat Wasir Mujarab salep salwa (salep wasir) pengobatan wasir secara alami harga obat wasir ampuh ambeclear obat wasir luar obat wasir apotik obat Wasir ambeien obat Wasir alami obat Wasir herbal obat Wasir tradisional obat Wasir Manjur obat Wasir paling Ampuh obat Wasir paling Mujarab obat Wasir Anjuran Dokter Harga obat Wasir nama obat obat Wasir ambeien gambar Penyakit Wasir BAB Terasa sakit dan Berdarah Gejala Wasir ambeien penyebab Wasir ambeien ciri ciri ambeien Cara Mengobati Wasir Cara Mengobati Penyakit Wasir Cara Mengatasi Ambeien Cara Mengobati Penyakit Wasir ambeien Cara Mengatasi Penyakit Ambeien Cara Mengatasi Penyakit Wasir ambeien Cara Menyembuhkan Wasir ambeien Cara mengobati Penyakit Wasir Cara Mengatasi Penyakit Wasir cara menghilangkan benjolan wasir cara Membuang benjolan wasir cara mErontokan benjolan wasir