Cara Memperbanyak Tanaman Rambutan

Tanaman ambutan pada umumnya dapat tumbuh di daratan rendah sampai dengan pada ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Curah hujan yang dikehendaki tanaman rambutan berkisar antara 1.500-2.500 mm dan merata sepanjang tahun.
Rambutan dapat diperbanyak secara vegetatif dengan cara okulasi, penyambungan dan penyusunan. Berikut ini adalah cara-cara perbanyakan tanaman rambutan:
  • Persiapan Batang
    • Batang bawah yang sering digunakan dalam pembibitan rambutan adalah Sinyonya.
    • Biji rambutan Sinyonya yang telah masak segera dibersihkan dari daging buahnya. Setelah dibersihkan, biji siap di semaikan atau dapat disimpan terlebih dahulu untuk sementara waktu.
    • Penyimpanan biji rambutan pada media sabut kelapa yang lembab merupakan cara yang baik untuk mempertahankan biji sampai 3 minggu. Untuk menghindari serangan jamur, biji rambutan sebaiknya dicelup dalam larutan Dithane M-45, Antracol 70 WP, atau fungisida lainnya.
    • Biji-biji dikecambahkan pada bedengan pesemaian yang telah disiapkan. Biji rambutan disemaikan dengan jarak 10 x 10 cm atau 10 x 15 cm. Untuk menjaga agar pertumbuhan kecambah ini lebih baik, tempat penyemaian sebaiknya diberi naungan.
    • Setelah semai berumur 2-3 bulan, dilakukan penjarangan atau pemindahan ke bedengan lain dengan jarak tanam 20-30 cm, sambil dilakukan seleksi terhadap semai tadi. Pemeliharaan seperti penyiraman, pemupukan, dan pengendalian hama, penyakit, dan gulma dilakukan sebaik-baiknya sampai semai siap ditempel.
  • Persiapan batang atas
    • Sumber batang atas yang digunakan dipilih dari pohon induk unggul yang subur, sehat atau pohon yang sudah diketahui produktivitasnya dan mulutnya.
    • Varietas yang dipilih sesuai dengan keinginan dan permintaan pasar. Cabang entres yg baik sebagai sumber mata tempel adalah yg telah berumur 1 tahun, yang besarnya hampir sama dengan batang bawah.
    • Calon mata tempel dipilih dari mata-mata tunas yang terletak pada pertengahan cabang antara pucuk dan pangkal cabang entres, daun-daun calon cabang entres sebaiknya dirompes seminggu sebelum pelaksanaan okulasi untuk merangsang menonjolnya mata tunas.
    • Apabila tempat pengokulasian jauh dari pohon induk, entres dapat dibungkus dengan kertas koran yang telah dilembabkan kemudian dibungkus lagi dengan kelopak batang pisang agar entres tidak mengalami kekeringan selama pengangkutan.
  • Penempelan
    • Pada umumnya penempelan rambutan pada batang bawah yang telah berumur 7-8 bulan.
    • Pemilihan mata tempel sangat penting diperhatikan sebelum pelaksanaan okulasi. Posisi mata tempel pada penempelan dapat dilakukan dengan cara okulasi biasa.
    • Pemakaian zat pengukur tumbuh berpengaruh baik dalam meningkatkan keberhasilan penempelan. Penggunaan Benzyl Adenin 600 ppm dan Kinetin 9 ppm dapat mempercepat saat pecahnya mata tunas.
  • Peyambungan
    • Sampai sekarang penyambungan seperti sambung pucuk dan sambung sisi pada rmbutan masih sulit dilakukan dan belum memberikan hasil yang menggembirakan. Akan tetapi cara penyusunan dapat memberikan persentase keberhasilan yang tinggi. Hanya saja cara ini kurang efesien untuk pengadaan bibit dalam jumlah banyak.

30 Responses to "Cara Memperbanyak Tanaman Rambutan"

  1. Kalo sekarang mah belum musim rambutan yang Kang ?? Rambutan enak soalnya.. hehehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya belum Mas Diar! Bentar lagi habis musim mangga musim rambutan ya!

      Hapus
  2. Balasan
    1. Ya sama-sama Mba Ala Dewina Maryam

      Hapus
  3. kalau boleh tau tekhnik okulasi seperti ini yang paling efisien pada tanaman apa saaja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mangga, rambutan, sawo, durian, duku

      Hapus
  4. saya lagi pengin banget bisa nyetek, makasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. IIya silahkan selamat belajar ya mas!

      Hapus
  5. Kepengen prakte, nyari batangnya yang sulit disini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau lagi main bepergian ke rumah saudara biasanya kan ada pohon buah, disitu anda bisa mulai mencobanya gan!

      Hapus
  6. cara nya sangat mudah ya mas tapi sayang saya engga punya pohon rambutan nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ngga apa-apa mba, berbagi ilmu aja ya mba! Makasih dah mau mampir

      Hapus
  7. cara dapetin bibit rambutan belinya suka dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Toko Tanaman Buah/bunga biasanya banyak gan!

      Hapus
  8. Kalau di daerah saya rambutan kurang begitu menjanjikan, Mas. Soalnya pas musim buah rambutan, buanyak banget dan ndak laku dijual. Soalnya rata-rata tiap rumah punya pohon rambutan.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sebagai pengetahuan saja ya gan, berarti sampai ga laku tuh kalau setiap rumah unya ya!

      Hapus
  9. wahhhhh jadi kpengen langsung praktek nih mas tapi sayangnya saya gak punya pohon rambutan mas gmana dong ? wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ngga apa-apa gan, sekedar pengetahuan aja bagi kita.... makasih dah mampir

      Hapus
  10. Jadi pengetahuan nih, apalagi rambutan lumayan juga ada niali jualnya.

    Tapi pernyataan diatas berdasarkan pengalaman atau sumber lain ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari sumber buku di perpustakaan Pak!

      Hapus
  11. Saya pernah nanam pohon rambutan dari hasil beli cangkokan tapi sering nggak hidup ya kang, kira2 kenapa ya kang ? ... apa mungkin daerah saya nya nggak cocok tanah nya klo ditanamin rambutan... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang tidak mudah utk mencangkok, appalagi bbagi yg belum pernah berhasil dalam mencangkok. Coba pakai tips diatas ya pak

      Hapus
  12. Mas saya udah coba sambung pucuk pada rambutan kok gagal meluluk ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus lembab arealnya janag kena snar matahari terlalu banyak dulu.

      Hapus
  13. Mas saya pake sambung pucum pada rambutan kok gagal meluluk ya

    BalasHapus
  14. Mas saya udah coba sambung pucuk pada rambutan kok gagal meluluk ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daerah atau kayu dan tanah harus selalu lembab gan!

      Hapus
  15. apakah pohon rambutan bisa di stek bang ??

    BalasHapus
  16. apakah pohon rambutan bisa di stek bang ??

    BalasHapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Obat Sipilis Obat Raja Singa Obat Kencing Nanah Obat Gonore Obat Herpes Obat Kutil Kelamin Obat Jengger Ayam Obat Kondiloma Akuminata Obat ketuat kemaluan Obat panu Kadas kudis Obat Gatal dan Eksim Obat Kewanitaan Obat Keputihan Obat Perapet Vagina obat Wasir obat Ambeien obat Ambejoss Obat Kanker Herbal obat kutil kelamin Ciri gejala Sipilis Obat Sipilis Obat Sipilis Herbal Obat sipilis cepat instan cara pesan Obat denature Obat penyakit kelamin nama Obat Sipilis Obat Sipilis gang jie dan gho siah Obat Sipilis tradisional alami Obat Sipilis ampuh dan mujarab cara mengobati kutil kelamin Obat Sipilis raja singa cara mengobati sipilis secara tradisional alami Obat kelamin keluar nanah cara mengobati penyakit sipilis cara mengatasi penyakit sipilis cara mengatasi penyakit sipilis cara menghilangkan penyakit sipilis Obat kencing nanah nama obat penyakit sipilis nama Obat Sipilis di apotik Penyakit kelamin penjelasan dan cara pengobatanya Cara mengobati kutil kelamin Cara menghilangkan kutil di kelamin benjolan gatal keras di kelamin tanda gejala dan ciri sipilis Obat Sipilis di apotik de nature pengertian sifilis dan cara pengobatannya Obat Kencing Nanah Obat Kutil Kelamin cara mengatasi kutil kelamin pada wanita cara mengatasi kutil kelamin pada pria de nature ciri gejala sipilis pada pria-dan wanita Pengertian herpes dan cara pengobatannya Tongkat Vagina Seper Cara menghilangkan keputihan cara mengatasi gatal dan bau di vagina Obat Wasir ambejoss salep salwa salep wasir obat Wasir obat ambeien Wasir ambeien wasir Exsternal obat wasir luar wasir Internal obat wasir dalam wasir atau ambeien obat wasir di apotik obat Wasir ambeien obat wasir tanpa operasi Obat Kanker Obat Kanker Herbal Obat Kanker Payudara Obat Kanker Serviks Obat Kanker tumor Obat Alternatif Kanker Cara Mengobati Penyakit Kanker obat kutil kelamin tumbuh kutil pada kelamin kutil di kelamin penyakit kutil kelamin obat kutil kelamin kutil kelamin pada pria kutil kelamin pada wanita Gejala kutil kelamin penyebab kutil kelamin ciri kutil kelamin gambar kutil kelamin cara mengobati kutil di kelamin cara menyembuhkan kutil di kelamin cara mengatasi kutil di kelamin cara merontokan kutil di kelamin obat anjuran dokter Harga obat sipilis obat sipilis herbal Obat Penyakit Sipilis obat sipilis di apotik Obat Sipilis Obat Penyakit Sipilis Obat Sipilis Mujarab Obat Sipilis Manjur Obat Sipilis Ampuh obat sipilis alami obat sipilis Tradisional Cara Mengobati Penyakit Sipilis secara Alami Cara Mengatasi Penyakit Sipilis dengan obat tradisional Cara Mengobati Penyakit Sipilis secara tradisional alami Cara Menyembuhkan Penyakit Sipilis obat sipilis tradisional Cara Mengobati Sipilis secara tradisional Cara Menyembuhkan Sipilis secara alami tumbuh kutil pada kelamin kutil kelamin kutil pada kelamin penyakit kutil kelamin obat kutil kelamin kutil kelamin pada pria kutil kelamin pada wanita Gejala kutil kelamin penyebab kutil kelamin ciri kutil kelamin gambar kutil kelamin cara mengobati kutil di kelamin cara menyebuhkan kutil di kelamin cara merontokan kutil di kelamin Ambejoss dan Salep Salwa penyakit wasir obat wasir di apotik wasir sembuh tanpa operasi pengobatan pasca operasi ambeien obatwasir.com obat Wasir Ampuh obat Wasir Mujarab salep salwa (salep wasir) pengobatan wasir secara alami harga obat wasir ampuh ambeclear obat wasir luar obat wasir apotik obat Wasir ambeien obat Wasir alami obat Wasir herbal obat Wasir tradisional obat Wasir Manjur obat Wasir paling Ampuh obat Wasir paling Mujarab obat Wasir Anjuran Dokter Harga obat Wasir nama obat obat Wasir ambeien gambar Penyakit Wasir BAB Terasa sakit dan Berdarah Gejala Wasir ambeien penyebab Wasir ambeien ciri ciri ambeien Cara Mengobati Wasir Cara Mengobati Penyakit Wasir Cara Mengatasi Ambeien Cara Mengobati Penyakit Wasir ambeien Cara Mengatasi Penyakit Ambeien Cara Mengatasi Penyakit Wasir ambeien Cara Menyembuhkan Wasir ambeien Cara mengobati Penyakit Wasir Cara Mengatasi Penyakit Wasir cara menghilangkan benjolan wasir cara Membuang benjolan wasir cara mErontokan benjolan wasir