Cara Beternak Ayam Pelung

Cara Beternak Ayam Pelung
A.Kandang Ayam Pelung
Kandang merupakan tempat tinggal ternak yang berfungsi untuk melindungi ternak dari hujan , panas matahari, gangguan binatang lain, dan juga mengurangi gerak dari ternak, serta dapat melindungi kesehatan ternak.
Pembatasan gerak ternak bertujuan untuk menghemat energi sehingga dapat meningkatkan produksi telur dan daging.
Ayam pelung merupakan salah satu jenis ayam kampung sehingga petani ternak pada mulanya memperlakukan ayam tersebut seperti ayam kampung. Ayam dibiarkan mencari makanan sendiri dan pada malam hari tidur disembarang tempat. Namun sekarang peternak telah mulai menyadari memperhatikan akan pentingnya kandang bagi ternak sehingga peternak yang mempunyai lahan sempit tetap dapat memelihara ayam pelung dalam jumlah yang banyak. Yakni dengan sistem pemeliharaan intensif dan semi intensif. Pada sistem pemeliharaan ini, ayam dikandangkan berdasarkan periode umur dan jenis kelamin. Dengan demikian, ayam pelung berada dalam kandang sepanjang hidupnya.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kandang ayam pelung, antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Pemilihan Lokasi
    Ayam pelung merupakan ayam khas daerah Cianjur. Kandang ayam pelung harus dibuat tempat yang sejuk pula. Walaupun demikian, jika hendak memelihara ayam pelung di tempat yang berhawa panas, kita dapat mengatasinya dengan cara berikut ini:
    1. Disekeliling lahan yang akan dibuat kandang ditanami jenis tanaman yang cepat tumbuh agar terasa rimbun/rindang. Jenis tanaman itu sebaiknya yang menghasilkan, seperti tanaman buah-buahan. Sebaliknya, lahan tersebut jangan terlalu rimbun sehingga kekurangan sinar matahari.
    2. Dilokasi yang akan dibuat kandang dibuatkan kolam sehingga dapat memberikan kesejukan bagi ayam  pelung. Kolam itu pun dapat digunakan untuk memelihara ikan.

      Lokasi kandang, selain sejuk udaranya juga harus mempunyai syarat-syarat seperti berikut ini:
      1. dekat dengan sumber air yang memadai sepanjang tahun,
      2. dekat dengan sumber ahan-bahan pangan,
      3. dekat dengan sumber penerangan atau listrik
      4. dekat dengan jalan raya untuk memudahkan pengangkutan.
  2. Syarat Pembuatan Kandang Ayam Pelung
    Kandang yang baik harus memiliki syarat-syarat sebagai berikut :
    1. Jauh dari pemukiman atau rumah penduduk sehingga masyarakat disekitar terhindar dari bau dan kotoran,
    2. Mempunyai perputaran udara yang baik dan mendapatkan sinar matahari yang cukup (terutama dipagi hari). Sinar matahari pagi berguna bagi kesehatan ayam.
    3. Terbebas dari gangguan binatang buas seperti musang dan tikus,
    4. Terlindung dari cuaca yang tidak menguntungkan, seperti panas yang sangat terik dan dingin yang mencekam,
    5. Memudahkan tata laksana pemeliharaan, seperti pemberian pakan, pengambilan telur, dan pembersihan kandang.
  3. Bahan Kandang
    Bahan kandang sebaiknya dipilih yang murah, kuat dan mudah didapat. Bahan yang digunakan untuk membuat kandang antara lain, kayu, bambu, genting, dan rumbia
  4. Jenis Kandang Ayam Pelung
    Jenis kandang yang dipakai sebaiknya disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat dan sistem pemeliharaan serta biaya yang tersedia. Dilihat dari kerapatan lantai, kandang ayam pelung dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kandang lantai rapat dan kandang lantai renggang.
    1. Kandang lantai rapat
      Kandang ini lebih dikenal dengan kandang postsal. Alas lantai kandang jenis ini menggunakan semen ataupun tanah. Untuk mengurangi kelembaban kotoran atau lantai diperlukan alas lantai (Litter) yang menutupi seluruh lantai kandang. Alas kandang sebaiknya dipilih dari bahan-bahan yang kering dan mempunyai daya  serap tinggi sehingga lantai tetap kering dan tidak menyengat baunya. Bahan-bahan yang dapat digunakan adalah sekam. Bahan-bahan yang dapat digunakan adalah sekam, serbuk gergaji, pasir, kapur dan kerikil.
      Sebelum menghamparkan alas atau litter terlebih dahulu kandang dibersihkan dan dicuci hamakan atau fumigasi. Susunan alas kandang adalah sebagai berikut:
      1. pasir ditaburkan secara merata (lapisan 1)
      2. kapur matang bermanfaat untuk mengurangi penguapan (lapisan 2)
      3. kerikil berfungsi untuk melancarkan  penguapan kapur (lapisan 3) dan
      4. sekam atau serbuk gergaji berfungsi mencegah kebecekan kandang akibat kotoran atau akibat air minum yang tumpah serta dapat menjaga kenyamanan ayam.
    2. Kandang Lantai Renggang
      Model kandang ini lebih dikenal dengan kandang cage atau kandang baterai. Kandang ini lantainya berkisi-kisi atau berlubag sehingga kotoran langsung jatuh. Beberapa keuntungan penggunaan kandang sistem cage adalah sebagai berikut:
      1. kesehatan ayam lebih terjamin atau terjaga sebab kotorannya langsung jatuh sehingga peternak tidak perlu membersihkan kandang;
      2. jika pemeliharaan terpadu dengan ika, kotoran ang jatuh langsung menjadi makanan ikan;
      3. jika daerah tergenang banjir, ayam akan aman karena tidak tergenang air, bahkan jika atap bocor pun, andang tidak becek.
        Berdasarkan jumlah ayam yang ditempatkan, kandang ayam dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kandang individu dan kandang koloni. Kandang individu berisi 1 ayam . Biasanya digunakan untuk ayam remaja, ayam dewasa, dan ayam yang khusus menghasilkan telur.
        Kandang koloni dapat diisi dengan beberapa ekor ayam yang jumlahnya bergantung pada umur dan luas kandang. Kandang ini dapat digunakan untuk anak ayam, ayam remaja, dan ayam dewasa.
B.Perlengkapan Kandang
Perlengkapan atau peralatan kandang yang harus tersedia dalam kandang adalah tempat pakan, dan tempat minum. Peralatan ini banyak jenis dan macamnya sehingga kita harus menyesuaikannya dengan kondisi ayam pelung.
  1. Tempat Pakan
    Tempat pakan dapat dibuat dari bahan plastik, pipa pralon, seng atau alumunium. Bentuk dan ukurannya pun bermacam-macam. Tempat pakan yang umum digunakan adalah sebagai berikut.
    1. Tempat pakan gantung
      Tempat pakan ini berbentuk bulat dan dalam, terbuat dari plastik atau seng.
    2. Tempat pakan Bentuk Kotak
      Tempat pakan jenis ini berbentuk kotak panjang dibuat dari bahan seng, tripleks atau alumunium dan ditempatkan di dalam kandang.
    3. Tempat pakan ayam berbentuk Silinder
      Tempat pakan jenis ini terbuat dari belahan bambu atau pipa pralon besar dan dapat ditempatkan diluar kandang atau di dalam kandang.
  2. Tempat minum
    Tempat minum sebaiknya dipilih dari bahan yang berpengaruh terhadap sifat-sifat air karena peternak tidak hanya memberikan air putih, tetapi kdang-kadang juga menambahkan obat dan vitamin. 
    1. Tempat minum gantung
      Tempat ii biasanya terbuat dari plastik ukurannya bermcam-macam dan dapat digunkan untuk anak ayam maupun ayam dewasa.
    2. Tempat Minum Silinder
      Tempat minum yang berbentuk silinder dapat dibuat dari bambu tau dari pipa paralon.


6 Responses to "Cara Beternak Ayam Pelung"

  1. kayaknya gak juga ribet untuk memlihara ayam pelung. dan miara ayam di tempat saya banyak untungnya gan, karena permintaan pasar sangat bagus. saya pelajari dulu dan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang tidak ribet sih gan! mbah dinan punya apa nggak ayam elung nih!

      Hapus
  2. Weeeh, ini artikel cocok buat om gue yang seneng ternak ini itu..
    gue kira ayam cuma satu jenis, ternyata banyak ya jenisnya. Ayang pelung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gan jenis aam di negeri ini memang banyak jenisnya termasuk ayam pelung ini

      Hapus
  3. seneng denger suaranya, unik ayam pelung ini
    nah yg suka melihara ayam, ikuti tipsnya

    BalasHapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.

Obat Sipilis Obat Raja Singa Obat Kencing Nanah Obat Gonore Obat Herpes Obat Kutil Kelamin Obat Jengger Ayam Obat Kondiloma Akuminata Obat ketuat kemaluan Obat panu Kadas kudis Obat Gatal dan Eksim Obat Kewanitaan Obat Keputihan Obat Perapet Vagina obat Wasir obat Ambeien obat Ambejoss Obat Kanker Herbal obat kutil kelamin Ciri gejala Sipilis Obat Sipilis Obat Sipilis Herbal Obat sipilis cepat instan cara pesan Obat denature Obat penyakit kelamin nama Obat Sipilis Obat Sipilis gang jie dan gho siah Obat Sipilis tradisional alami Obat Sipilis ampuh dan mujarab cara mengobati kutil kelamin Obat Sipilis raja singa cara mengobati sipilis secara tradisional alami Obat kelamin keluar nanah cara mengobati penyakit sipilis cara mengatasi penyakit sipilis cara mengatasi penyakit sipilis cara menghilangkan penyakit sipilis Obat kencing nanah nama obat penyakit sipilis nama Obat Sipilis di apotik Penyakit kelamin penjelasan dan cara pengobatanya Cara mengobati kutil kelamin Cara menghilangkan kutil di kelamin benjolan gatal keras di kelamin tanda gejala dan ciri sipilis Obat Sipilis di apotik de nature pengertian sifilis dan cara pengobatannya Obat Kencing Nanah Obat Kutil Kelamin cara mengatasi kutil kelamin pada wanita cara mengatasi kutil kelamin pada pria de nature ciri gejala sipilis pada pria-dan wanita Pengertian herpes dan cara pengobatannya Tongkat Vagina Seper Cara menghilangkan keputihan cara mengatasi gatal dan bau di vagina Obat Wasir ambejoss salep salwa salep wasir obat Wasir obat ambeien Wasir ambeien wasir Exsternal obat wasir luar wasir Internal obat wasir dalam wasir atau ambeien obat wasir di apotik obat Wasir ambeien obat wasir tanpa operasi Obat Kanker Obat Kanker Herbal Obat Kanker Payudara Obat Kanker Serviks Obat Kanker tumor Obat Alternatif Kanker Cara Mengobati Penyakit Kanker obat kutil kelamin tumbuh kutil pada kelamin kutil di kelamin penyakit kutil kelamin obat kutil kelamin kutil kelamin pada pria kutil kelamin pada wanita Gejala kutil kelamin penyebab kutil kelamin ciri kutil kelamin gambar kutil kelamin cara mengobati kutil di kelamin cara menyembuhkan kutil di kelamin cara mengatasi kutil di kelamin cara merontokan kutil di kelamin obat anjuran dokter Harga obat sipilis obat sipilis herbal Obat Penyakit Sipilis obat sipilis di apotik Obat Sipilis Obat Penyakit Sipilis Obat Sipilis Mujarab Obat Sipilis Manjur Obat Sipilis Ampuh obat sipilis alami obat sipilis Tradisional Cara Mengobati Penyakit Sipilis secara Alami Cara Mengatasi Penyakit Sipilis dengan obat tradisional Cara Mengobati Penyakit Sipilis secara tradisional alami Cara Menyembuhkan Penyakit Sipilis obat sipilis tradisional Cara Mengobati Sipilis secara tradisional Cara Menyembuhkan Sipilis secara alami tumbuh kutil pada kelamin kutil kelamin kutil pada kelamin penyakit kutil kelamin obat kutil kelamin kutil kelamin pada pria kutil kelamin pada wanita Gejala kutil kelamin penyebab kutil kelamin ciri kutil kelamin gambar kutil kelamin cara mengobati kutil di kelamin cara menyebuhkan kutil di kelamin cara merontokan kutil di kelamin Ambejoss dan Salep Salwa penyakit wasir obat wasir di apotik wasir sembuh tanpa operasi pengobatan pasca operasi ambeien obatwasir.com obat Wasir Ampuh obat Wasir Mujarab salep salwa (salep wasir) pengobatan wasir secara alami harga obat wasir ampuh ambeclear obat wasir luar obat wasir apotik obat Wasir ambeien obat Wasir alami obat Wasir herbal obat Wasir tradisional obat Wasir Manjur obat Wasir paling Ampuh obat Wasir paling Mujarab obat Wasir Anjuran Dokter Harga obat Wasir nama obat obat Wasir ambeien gambar Penyakit Wasir BAB Terasa sakit dan Berdarah Gejala Wasir ambeien penyebab Wasir ambeien ciri ciri ambeien Cara Mengobati Wasir Cara Mengobati Penyakit Wasir Cara Mengatasi Ambeien Cara Mengobati Penyakit Wasir ambeien Cara Mengatasi Penyakit Ambeien Cara Mengatasi Penyakit Wasir ambeien Cara Menyembuhkan Wasir ambeien Cara mengobati Penyakit Wasir Cara Mengatasi Penyakit Wasir cara menghilangkan benjolan wasir cara Membuang benjolan wasir cara mErontokan benjolan wasir